Application of Discovery learning Learning Model to Improve Science Learning of Theme Style 8 Material in Class IV SDN 5 Kalibatur in the 2021/2022 Academic Year

Debby Kirana Putri

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas IV tergolong rendah berdasarkan tes pratindakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran materi gaya tema 8 pada kelas IV SDN 5 Kalibatur tahun ajaran 2021/2022 melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan penetitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV SDN 5 Kalibatur tahun ajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklus. Subjek dalam ini penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 24 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, perikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi gaya tema 8 pada kelas IV SDN 5 Kalibatur tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

discovery learning, IPA, gaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.