Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik melalui Penerapan Motode Time Token Tema Kebersamaan pada Kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Guli Tahun Ajaran 2021/2022

Yahya Nawang Wulan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik dengan menggunakan metode time token. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus masing masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas II SDN 2 Guli tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode time token dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara.

Keywords

keterampilan berbicara, time token, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.