Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Tanah pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banaran 04

Yuliana Pratiwi

Abstract

Peserta didik mengalami permasalahan pada mata pelajaran IPA materi siklus air tanah. Hal ini diperlihatkan dengan hasil belajar yang masih kurang. Peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran IPA siklus air tanah menggunakan media pembelajaran diorama siklus air tanah. Tujuan dari penelitian yaitu (1)  mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran diorama siklus air tanah dalam materi siklus air tanah, (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Banaran 04 dalam materi siklus air tanah menggunakan media pembelajaran diorama siklus air tanah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Banaran 04. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif, dengan  pengumpulan data wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran diorama siklus air tanah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik kelas V SD Negeri Banaran 04. Pretest peserta didik mendapatkan hasil belajar 66,42 dan setelah menggunakan media pembelajaran diorama siklus air tanah meningkat menjadi 87,07.

Keywords

media pembelajaran diorama, siklus air tanah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.