Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V

Dyah Eska Winanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Candi berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Robin Mc. Taggart dengan prosedur penelitian 2 siklus, yang masing- masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan pengamatan, 3) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Instrumen tes berupa butir soal dan instrumen non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS yang diupayakan melalui model pembelajaran STAD. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar berdasar ketuntasan yakni banyaknya siswa yang tuntas sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (40% dari seluruh siswa). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 siswa (76,6% dari seluruh siswa), dan pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas menjadi 30 siswa (100% dari seluruh siswa).

Keywords

kooperatif STAD, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.