Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction (ICI) dengan Media Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar

Dewi Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Interactive Conceptual Instruction dengan media (video dan gambar) terhadap penguasaan konsep ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 236 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes penguasaan konsep dan instrumen angket gaya belajar menggunakan skala Likert yang dimodifikasi. Hipotesis diuji menggunakan ANOVA 2x2 sel tak sama dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil uji interaksi pengaruh media pembelajaran dan gaya belajar terhadap penguasaan konsep: nilai F hitung = 7,563 dengan probabilitas (p) = 0,006. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dengan gaya belajar terhadap penguasaan konsep.

Keywords

Interactive Conceptual Instruction, media pembelajaran, penguasaan konsep, gaya belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.