Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas IV SD Gugus Kartini, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasinya penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Kartini, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen berjumlah 149 siswa dengan sample sebanyak 105 siswa diambil menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai koefisien korelasi tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap disiplin belajar sebesar r hitung 0,549 > r tabel 0,190. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas IV SD Gugus Kartini, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Hubungan yang positif berarti semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua dan semakin baik perhatian orang tua maka akan semakin tinggi disiplin belajar siswa. Sedangkan hubungan yang signifikan berarti data yang diperoleh dalam sampel dapat digeneralisasikan pada populasi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.