Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik

Sittah Amrina Rosyada

Abstract

Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemandirian belajar dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Rendahnya kesadaran guru dalam melakukan pembelajaran tematik ialah masih cenderung lebih memrioritaskan aspek kognitif dan kurang memerhatikan aspek yang lain seperti aspek afektif dan psikomotor. Selain itu, siswa belum memiliki kemandirian belajar yang terlihat dalam proses pembelajaran seperti banyak siswa yang malu ketika diberi pertanyaan oleh guru, siswa masih takut menjawab atau menyampaikan pendapat kepada orang lain, sebagian besar siswa belum fokus ketika mengikuti proses pembelajaran, dan beberapa siswa masih kesulitan menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh guru. Rendahnya kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik dapat disiasati dengan melakukan upaya mengembangkan kemandirian belajar. Salah satunya guru dapat membantu atau membimbing siswa dalam proses pembelajaran tematik sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Dalam proses pembelajaran tematik diharapkan siswa dapat memiliki kemandirian dalam belajar dengan terlibat langsung ketika proses pembelajaran di kelas

Keywords

analisis, pembelajaran tematik, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.