Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Eka Fajriatul Janah

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut guru agar dapat melibatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama serta pemanfaatan informasi teknologi dalam pembelajaran yang dapat disusun dalam sebuah kerangka kerja berupa TPACK. Ada 7 komponen yang perlu diketahui pada TPACK yaitu Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Technological Pedagogical Knowledge, Technological Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, dan Technological Pedagogical Content Knowledge. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menggambarkan 1) Konsep TPACK, dan 2) Implementasi TPACK pada Pembelajaran di SD. Hasil studi ini adalah 1) TPACK merupakan gabungan dari 3 unsur penting dalam pembelajaran yaitu teknologi (technological knowledge) yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam penyampaian materi ajar, pedagogi (pedagogical knowledge) yang memuat metode dan model pembelajaran yang akan diterapkan, dan konten (content knowledge) yang berisi materi pembelajaran,dimana ketiga unsur tersebut dapat disusun dalam sebuah rancangan pembelajaran. 2) Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar adalah dengan menggabungkan semua komponen TPACK pada pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Keywords

pembelajaran, TPACK, implementasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.