A Systematic Literature Review: The Uses of School Libraries to Support Character Education of Reading Habit for Primary School Learners

Dwi Astuti Hardiyanti

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan tempat untuk mengelola dan mengatur berbagai buku untuk keperluan pembelajaran harus mampu mengembangkan karakter kebiasaan membaca. Namun, berdasarkan observasi awal di 10 SD di Kudus, perpustakaan sekolah kehilangan fungsinya. Tinjauan pustaka sistematis ini menggunakan PRISMA. Hasil review menemukan tiga artikel yang memenuhi syarat dari 1809 artikel. Dari proses review, peran perpustakaan masih terbatas. Peneliti juga menemukan bahwa penulis artikel tidak memberikan kebaruan bagi masyarakat luas karena artikel yang memenuhi syarat hanya terfokus pada situasi faktual lapangan. Unsur-unsur yang dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut berkaitan dengan kesenjangan kerangka teori, pendekatan kualitatif, dan pendekatan kuantitatif. Peneliti juga merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk mengkaji dimensi peran perpustakaan dan dimensi kebiasaan membaca peserta didik; instrumen untuk mengukur tingkat literasi; dan instrumen untuk mengukur kebiasaan membaca peserta didik.

Keywords

perpustakaan, PRISMA, kesenjangan penelitian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.