Model Jig saw Di Pembelajaran PJOK Kelas 6 Materi Alat Kebersihan Reproduksi
Abstract
Pembelajaran kebersihan alat reproduksi pada Kelas 6 Sekolah Dasar membuat siswa merasa canggung dan malu, dikarenakan materi tersebut merupakan materi yang baru bagi mereka. Strategi pembelajaran melalui kartu dengan model pembelajaran cooperative learning Jig saw digunakan agar anak anak lebih tertarik dan tidak canggung serta menambah keberanian dalam berbicara di depan orang. Model pembelajaran kooperatif siswa dimungkinkan terlibat secara aktif pada proses pembelajaran sehingga memberikan dampak positif terhadap kualitas interaksi dan komunikasi yang berkualitas. Hasil yang diperoleh melalui metode tersebut, anak anak lebih antusias dalam pembelajaran, dapat berinteraksi dengan teman, menambah kreativitas dan munculnya potensi yang ada dalam diri anak. Konsekuensi dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran PJOK alat Reproduksi dengan mengunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa dapat aktif dalam pembelajaran dikarenakan siswa dituntut untuk saling berinteraksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan kelompok maupun siswa dengan guru.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.