Analisis Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Peran Ekonomi di Sekolah Dasar

Achmad Basari Eko Wahyudi, Ain Maigina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis bahan ajar di kelas lima sekolah dasar khususnya untuk muatan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sub materi peran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang diperoleh dari tanggapan guru sebagai pengguna bahan ajar, serta studi observasi terhadap kurikulum sekolah dan dokumen bahan ajar yang digunakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga Teknik untuk memperoleh data yaitu Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah daftar pertanyaan terstruktur yang berkaitan dengan penelitian. Adapun prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan hasil temuan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa bahan ajar yang digunakan untuk kelas lima sekolah dasar kalitengkek kabupaten purworejo sudah sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Materi disajikan dengan berdasarkan pendekatan tematik terpadu. Secara umum penyajian materi ilmu pengetahuan sosial khususnya pada pokok bahasan kegiatan ekonomi sejak awal kurang mendukung pengembangan ketrampilan aktivitas ekonomi peserta didik. Selain itu, melalui analisis bahan ajar ilmu pengetahuan sosial khusus materi aktivitas ekonomi dapat memberikan acuan bagi pihak sekolah maupun guru untuk dapat lebih meningkatkan kualitas bahan ajar dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajaran dan kebutuhan peserta didik.

Keywords

Bahan Ajar, Pembelajaran IPS, Aktivitas Ekonomi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E (2017) Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2 (1),14-20. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30 Arifin, M.S., & A. (2012). Pengembangan Materi Pembelajaran. [online]. Diakses dari http://juliancreative.blogs.uny.ac.id Kristiantari, R. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 3 (2), 460-470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462 Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhamadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3 (2), 31-48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35. Parera, H.R., & Suyanto. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS< 5(2), 165-177://doi.org/10.16128/j.cnki. 1005-3611.2018.01.044 Raditya, A., & Iskandar, R.S.F. (2020) Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 232-145. https: doi.org/10.211580/phen.2019.9.2.4066. Rufaidah Siambaton, H. (2016). Probelem Implementasi Kurikulum 2013 Mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial di Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Indonesia Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 10-16. http;//doi.org/10.15294/ijcetss.v3i1.8675. Subadi, T., Priyono, K.D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2013). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasiis Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study di Sekolah Muhamadiyah kartasura. Warta, 18 (1), 62-76. https://doi.org/10.23917/warta.v18i1.1168 Sudaryono, (2019). Metodologi Penelitian (kuantitatif, kualitatif, dan Mix Method). (Edisi Ke 2). PT Raja Grafindo, Persada: Depok Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Alfabeta: Bandung. Sulistiyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 7(2), 133-134 Utari, U., Degeng, N.D., & Akbar, S. (2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 1 (1), 39-44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039. Wardani, W. (2019). Pengaruh Kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri social terhadap keterampilan social siswa. Jurnal Teori dan Praksis pembelajaran IPS, 4(2), 66-73.https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.