Pengaruh Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2021/2022

HESTY SEKAR PEMBAYUN, Suhartono Suhartono Suhartono, Muhamad Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal dengan sampel sabanyak 305 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) sumber belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai thitung 5,648 > ttabel 1,968, serta sumbangan efektif sebesar 10,92%; (2) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai thitung 4,321 > ttabel 1,968, serta sumbangan efektif yaitu 6,98%; dan (3) sumber belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai fhitung 32.958 > ftabel 3,125, serta sumbangan efektif 17,9%. Kesimpulannya yaitu, semakin tinggi pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian dalam belajar makan akan semakin tinggi pula hasil belajar IPS siswa dan begitu pula sebaliknya. Siswa, guru, dan orang tua dapat melakukan upaya untuk memanfaatkan sumber belajar secara optimal dan meningkatkan kemandirian  belajar baik di rumah atau di sekolah.

Keywords

Sumber belajar, kemandirian belajar, hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.