Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Pengukuran Sudut di Kelas 4 SD Negeri Kanding Tahun Ajaran 2021/2022

Soviana Indah Hapsari, Ngatman Ngatman, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pengukuran sudut, mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, serta mendeskripsikan alternatif solusi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kanding. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesalahan pada masing-masing soal dengan berbagai jenis kesalahan yakni reading error (kesalahan membaca masalah) dengan persentase 43,9%, comprehension error (kesalahan memahami masalah) dengan persentase 8,7%, transformation error (kesalahan transformasi masalah) dengan persentase 16,5%, process skill error (kesalahan keterampilan proses) dengan persentase 2,6%, dan encoding error (penulisan jawaban akhir) dengan persentase 0%. Terdapat beberapa penyebab terjadinya kesalahan siswa yaitu keraguan siswa, rendahnya pemahaman konsep akan kompetensi dasar untuk menyelesaikan soal, rendahnya ketelitian siswa, dan rendahnya pengetahuan urutan langkah-lagkah untuk menyelesaikan soal cerita.

Keywords

Keywords: analysis, student’ errors, math word problems

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.