Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi (Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus Andang Taruna Kecamatan Banyumas Tahun Ajaran 2021/2022)

Belin Ayu Tinasih, Suhartono Suhartono, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penerapan model pembelajaran Group Investigation berorientasi keterampilan berpikir ktitis merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation berorientasi keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi (pada siswa kelas IV SDN se-Gugus Andang Taruna Kecamatan Banyumas tahun ajaran 2021/2022). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini berjumlah 216 siswa dan sampel penelitian berjumlah 158 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi sederhana dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Group Investigation berorientasi keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi (pada siswa kelas IV SDN se-Gugus Andang Taruna Kecamatan Banyumas tahun ajaran 2021/2022).

Keywords

Group Investigation; critical thinking; social science learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Erlisnawati. & Marhadi, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 56 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 3 (1), 9-14. Haryati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia. Indrawati. (2018). Pembelajaran Grup Investigasi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1 (1), 17-26. Malawi, I. & Tristiar, A. A. (2016). Pengaruh Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3 (02), 118-131. Nurdiana, E. (2016). Penerapan Model Investigasi Kelompok Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Sirapan 02. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1 (1), 41-51. Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1 (1), 24-44. Rinawati, A. (2015). Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi. Ekuitas-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (1), 93-103. Sari, A. K. & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4 (2), 455-466. Septikasari, R. & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8 (2), 107-117. Umrzokova, G. & Pardaeva, S. (2020). Developing Teachers Professional Competence and Critical Thinking is a Key Factor of Increasing the Quality of Education. Mental Enlightenment Scientific-Methodological Journal, 2020 (2), 66-75.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.