Penerapan Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) Dengan Media Flip Chart Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Tentang Zat Tunggal dan Zat Campuran Pada Siswa Kelas V SD N 1 Selang Tahun Ajaran 2021/2022

Rahma Arifah Ludfiani, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA tentang zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V melalui penerapan model CLIS dengan media flip chart. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Selang. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilaian keterampilan proses pada siklus I 74,16%, siklus II 83,46%, dan siklus III 90,00%. Hasil penilaian sikap pada siklus I 74,07%, siklus II 82,98%, dan siklus III 87,96%. Hasil belajar pada siklus I 67,38%, siklus II 80,43%, siklus III 91,30%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS dengan media flip chart dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V SDN 1 Selang tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh Amal, Muhammad, & Sriwahyuni (2021: 95) bahwa penerapan model CLIS dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam bertanya, ada hubungan interaksi antar teman dan hasil belajar kognitif.

Keywords

CLIS, Flip Chart, natural science learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.