Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas V SDN 2 Waluyo Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda dengan penggunaan model Discovery Learning, serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas Vb SDN 2 Waluyo tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 peserta didik. Data yang dianalisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda.
Keywords
discovery learning; natural science; phase transition
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.