PERBEDAAN PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Nashri Maulidah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Suhartono Suhartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang dididik oleh guru berkompetensi pedagogik tinggi dan guru berkompetensi pedagogik rendah pada pembelajaran matematika tentang volume bangun ruang di kelas V SDN se-Kecamatan Alian tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian komparasi. Populasi penelitian ini adalah 35 guru dan 847 siswa dengan jumlah sampel 17 guru dan 162 siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang dididik oleh guru berkompetensi pedagogik tinggi dan guru berkompetensi pedagogik rendah. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang dididik oleh guru berkompetensi pedagogik tinggi yaitu 68,49 dan guru berkompetensi pedagogik rendah yaitu 58,90. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung (3,739) > ttabel (1,66).

Keywords

critical thinking ability, pedagogical competence, mathematics

Full Text:

PDF

References

Adegbola dan Florence, F. (2019). Teachers’ Pedagogical Competence as Determinants of Students’ Attitude Towards Basic Science in South West Nigeria. Academic Journal, 14(18), 655-660.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyana, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61-70.

Facione, P. (2016). Think Critically. United States of America: Pearson.

Farhana, H.O.H.P. dan Hamdu, G. (2016). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembagian Pecahan. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 303-321.

Haeruman, L.D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2010). Peraturan Mendiknas tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (Permendikbud No. 35 tahun 2010). Jakarta: Penulis.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2010). Peraturan Mendiknas tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Permendikbud No. 20 tahun 2016). Jakarta: Penulis.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, J.A., Mirza A., dan Nursangaji, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Aspek Analysis Siswa di Sekolah Menengah Atas: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(12), 1-12.

Serviana, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Dipublikasikan. Fakultas Taribiyah IAIN Kudus.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1-12.

Susanto, R., Rozali, Y.A., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elemantary School Teachers: Pedagogical Knowledge, Reflective Ability, Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. Universal Journal of Educational Research, 7 (10), 2124-2032.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.