PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN SEKECAMATAN PURING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh positif antara kesiapan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Puring dan besarnya sumbangan efektif kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Puring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan sampel dihitung menggunakan rumus Slavin dan Taro Yamane dan diambil secara acak dengan teknik cluster sampling. Hasil uji korelasi kesiapan belajar dan hasil belajar matematika menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,534. Besar sumbangan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika yaitu 28,5%. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Puring.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.