PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN KLIRONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Anang Lufianto, Ngatman Ngatman, Moh Salimi

Abstract

Disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN se-Kecamatan Klirong Tahun Ajaran 2020/2021 dan mengetahui besarnya sumbangan efektif disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN se-Kecamatan Klirong Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Klirong ditandai dengan nilai (r=.433; R2 = .187) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang artinya semakin tinggi disiplin belajar siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika siswa, dan begitupun sebaliknya. Nilai sumbangan efektif variabel belajar terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 13,10% dan sisanya sebesar 86,90% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords

Disiplin belajar; hasil belajar; matematika sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.