PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Cut Nurul Zara Vonna, Muhamad Chamdani, rokhmaniyah rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh pembelajaran berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021 dan mengukur besarnya sumbangan pembelajaran berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas dan normalitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana, uji regresi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pembelajaran berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan sumbangan sebesar 68,83% dan sisanya 31,17% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pembelajaran berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021.

Keywords

pembelajaran berbasis whatsapp, hasil belajar, bahasa indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.