Hubungan Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021

Tri Yuniantari Redyoningrum, Kartika Chrysti Suryandari, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan positif antara disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen yang berjumlah 1400 peserta didik dan sampel yang diambil berjumlah 320 peserta didik yang dipilih secara acak menggunakan teknik probability sampling jenis random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner angket untuk masing-masing variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sedangkan hasil belajar pengambilan datanya menggunakan tes. Metode validitas yang dilakukan menggunakan metode empiris dengan teknik analisis butir soal menggunakan perhitungan dengan analisis korelasi pearson. Reliabilitas dilakukan perhitungannya menggunakan rumus Alpha (Cronbach’s). Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA  sebesar 0,356 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar (0,000 < 0,05). Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen.

Keywords

disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References

Abdurahman, M., Muhidin, S. A., & Soemantri, A. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Amrizal, S. A., Aspin & Alber, T. A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Bening, 4(1), 77-86.

Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Damayanti, N. (2019). Hubungan Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 6 Kelapa Tujuh. Jurnal Unila, 1(3). 1-12.

Djamarah, & Syaiful, B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mujakir. (2015). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Lantanida, 03 (01).

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priyatno, D. (2016). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. 33-117.

Lusiana, N., Poerwanti & Matsuri. (2019). Hubungan antara Motivasi dan Disiplin Belajar dengan Keterampilan Berpikir Kritis IPS Interaksi Manusia dengan Lingkungan dan Pengaruhnya Kelas V SD. Jurnal Candi, 10(2), 70-83.

Meliyana, E., Herimanto & Akhmad, A, M. (2019). Hubungan Antara Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil belajar Sejarah Siswa kelas X SMK Veteran 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Candi, 19(2), 72-85.

Nur, S., & Sumilah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif, 9(1). 12-20.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 234.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.

Zubaidah, S. (2016). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.