Pengaruh Kemandirian dan Fasilitas Belajar pada Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021

Fenti Retnoningrum, Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan fasilitas belajar pada pembelajaran online terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan multikolinearitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan korelasi berganda dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sumbangan variabel kemandirian dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPA yaitu 34,13 %, sisanya 65,67% dipengaruhi oleh faktor lain dan memiliki tingkat korelasi sedang yaitu 0,584. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. 

Keywords

kemandirian; fasilitas belajar; hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.