Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika tentang Statistika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Munggangsari Tahun Ajaran 2020/2021

Hesti Hidayati, Tri Saptuti Susiani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

The study aimed to describe the difficulties in solving math word problems about statistics encountered by fourth grade students of SD Negeri Munggangsari in academic year of 2020/2021. It was qualitative research with descriptive method. The results indicated that most of the students had difficulties in solving statistics word problems. The difficulties were (a) reading errors, (b) comprehension error, (c) transformation errors, (d) process skill errors, and (e) encoding errors. The internal factors were (a) the students could not find the information in word problems, (b) the students could not read long sentences, (c) the students found difficulty how to convert data, (d) the students found difficulty to understand the problems, (f) the students did not apply steps to solve word problems, and (f) the students were inaccurate in doing word problems. The external factors were (a) the teacher had limited word problem practices, (b) the teacher had limited learning strategy, (c) the teacher had limited learning models, and (d) the teacher had limited interaction to the students. It concludes that most of the students have difficulties in solving statistics word problems, there are internal and external factors affected the students. The next step is performing solutions that steps applied by the teachers and the students to decline the factors causing difficulties in solving story problems about statistics.

Penelitian ini bertujuan untuk mendespkripsikan kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika tentang statistika yang dialami oleh siswa kelas IV SD Negeri Munggangsari tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal cerita statistika yakni: (a) kesalahan membaca soal, (b) kesalahan memahami apa yang ditanyakan dalam soal, (c) kesalahan transformasi, (d) kesalahan dalam proses, dan (e) kesalahan dalam menuliskan kesimpulan. Terdapat faktor internal, yakni: (a) siswa tidak mampu mencari informasi yang ada pada soal, (b) siswa belum mampu membaca kalimat panjang, (c) siswa belum mampu mengubah penyajian data, (d) siswa tidak paham dengan apa yang ditanyakan dalam soal, (e) siswa tidak menerapkan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita dengan benar dan (f) siswa kurang teliti saat mengerjakan soal, sedangkan faktor eksternal yaitu: (a) guru kurang bervariasi dalam memberikan latihan soal cerita, (b) guru kurang kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran, (c) guru kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, dan (d) interaksi yang kurang baik antar siswa. Dari analisis yang dilakukan peneliti, disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri Munggangsari mengalami kesulitan menyelesaikan soal cerita statistika, terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi siswa. Langkah selanjutnya yakni memberikan alternatif solusi berupa langkah-langkah yang dapat dilakukan guru maupun siswa untuk mengurangi kesulitan siswa kelas IV SD dalam mengerjakan soal cerita statistika.

Keywords

analisis, kesulitan menyelesaikan soal cerita, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.