HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Steffina Indri Hapsari, Tri Saptuti Susiani, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Abstract
Scientific attitude and emotional intelligence are needed so that students have good science learning achievements and are able to compete in the times. The study aimed to know correlation between scientific attitudes and science learning achievement, to know correlation between emotional intelligence and science learning achievement, and to know correlation between scientific attitudes and emotional intelligence on science learning achievement for fifth grade students of public elementary schools in Kebumen Sub district in academic year of 2020/2021. The research was quantitative research including ex-pose facto and correlational method. The research results showed that the scientific attitudes had correlation on science learning achievement (Sig. 0.00 <0.05) with coefficient value 0.567, emotional intelligence had correlation on science learning achievement (Sig. 0.00 <0.05) with coefficient value 0.528, and scientific attitudes and emotional intelligence had correlation on science learning achievement (Sig. 0.00 <0.05) with coefficient value 0.634. It meant that the better students’ scientific attitudes and the emotional intelligence, the better learning achievement.
Keywords: scientific attitude, emotional intelligence, learning achievement

Abstrak
Sikap ilmiah dan kecerdasan emosional dibutuhkan agar siswa memiliki prestasi belajar IPA yang baik dan mampu bersaing dalam perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya korelasi sikap ilmiah dengan prestasi belajar IPA, korelasi kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPA, dan korelasi sikap ilmiah dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis expost facto dan metode korelasi. Hasil penelitian menunjukkan sikap ilmiah memiliki korelasi dengan prestasi belajar IPA (Sig. 0,00 < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,567, kecerdasan emosional memiliki korelasi dengan prestasi belajar IPA (Sig. 0,00 < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,528, serta sikap ilmiah dan kecerdasan emosional memiliki korelasi dengan prestasi belajar IPA (Sig. 0,00 < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,634. Semakin tinggi sikap ilmiah dan kecerdasan emlosional siswa secara bersama-sama, maka prestasi belajar IPA yang diperoleh juga akan semakin baik.
Kata kunci: sikap ilmiah, kecerdasan emosional, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.