Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SDN Kebon Gunung Tahun 2019/2020

Siti Wahyuning Widi Pinasti, Muhamad Chamdani, Ngatman Ngatman

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V melalui penerapan model quantum teaching dengan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kebon Gunung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan model quantum teaching dengan mutimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SDN Kebon Gunung yang dapat dilihat dari persentase rata-rat ketuntasan siswa yaitu 47,37% pada siklus I, 84,21% pada siklus II, dan 94,73% pada siklus III. Kendala dalam penelitian ini yaitu siswa belum berani untuk mengajukan pertanyaan, adapun solusi dari kendala tersebut adalah guru membimbing siswa untuk berani bertanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SDN Kebon Gunung Tahun 2019/2020.

Kata kunci: Quantum Teaching, multimedia, IPA

Keywords

Quantum Teaching; multimedia; IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.