Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way dapat Meningkatkan Hasil Belajar Solat pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran modeling the way untuk meningkatkan hasil belajar solat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil data siswa kelas II di suatu Sekolah Dasar di Kecamatan Baturetno Wonogiri selama kurang lebih 6 bulan yaitu bulan Januari sampai dengan Juni 2019. Subjek yang melaksanakan tindakan adalah guru mapel Pendidikan Agama Islam sedangkan Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas II yang berjumlah 11 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis dan data pada penelitian dilakukan secara diskriptif kualitatif dilaksanakan melalui alur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar solat setelah digunakan model pembelajaran modeling the way pada siswa kelas II di suatu Sekolah Dasar di Kecamatan Baturetno Wonogiri, nilai hasil belajar dengan ketentuan KKM 75 diperoleh hasil tes dari kondisi prasiklus ke Siklus I kemudian ke Siklus II mengalami kenaikan sebesar 18 yaitu dari rata-rata kelas nilai hasil belajar 67 dengan predikat nilai kurang pada kondisi awal naik menjadi rata-rata 76 dengan predikat nilai cukup di Siklus I kemudian naik menjadi rata-rata 85 dengan predikat nilai baik di Siklus II. Peningkatan ketuntasan siswa dengan jumlah siswa 11 sebesar 63,6% yaitu dari 4 siswa atau 36,4% siswa tuntas pada kondisi awal menjadi 7 siswa atau 63,6% siswa tuntas pada Siklus I dan menjadi 11 siswa atau 100% siswa tuntas pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar solat pada siswa Sekolah Dasar.
Keywords
Modeling The Way, Hasil Belajar, Solat
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.