Penerapan Model Concept Sentence dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalikotes Tahun Ajaran 2018/2019

Maulida Ajeng Priyatnomo, Tri Saptuti Susiani, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dan meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa melalui penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dilaksanakan dengan tujuh langkah yaitu: : (1) penyampaian kompetensi yang akan dicapai, (2) penyampaian  materi sesuai dengan kompetensi, (3) pembentukan kelompok secara heterogen dan dan membagikan media flashcard, (4) penyajian kata kunci dengan flashcard, (5) Pembuatan kalimat dengan kata kunci yang ada di flashcard, (6) diskusi bersama, dan (7) kesimpulan. Penerapan model pembelajaran Concept Sentence yang dilakukan dengan langkah-langkah tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa yang diketahui melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa sebesar 31,03% pada siklus I, 79,23% pada siklus II, dan 82,79% pada siklus III.

 

Keywords

model CS dengan flashcard, menulis karangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.