Penerapan Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Pembelajaran Pkn tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat pada Siswa Kelas IV SDN Kaliwungu Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan teknik make a match, (2) meningkatkan pembelajaran PKn tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah penerapan teknik make a match dilaksanakan melalui tujuh langkah, yaitu: (a) penyiapan kartu, (b) pembagian kartu, (c) pencarian jawaban, (d) pencarian pasangan, (e) pemberian poin, (f) pengulangan teknik, (g) pembuatan kesimpulan; (2) Penerapan teknik make a match dapat meningkatkan pembelajaran PKn
Keywords
Make a Match, pembelajaran, PKn
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.