The Application of The Quantum Teaching Model with Multimedia to Improve The Students’ Learning Outcomes of Social Science about Types of Jobs on Grade III Students of SDN Jatimulyo in Academic Year 2018/2019

Wahyu Khasanah, Muhamad Chamdani, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu sosial tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas tiga SDN Jatimulyo pada Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan pengajaran kuantum dan model multimedia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas tiga SDN Jatimulyo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pengajaran kuantum dengan multimedia yang diterapkan sesuai dengan skenario dapat meningkatkan hasil belajar ilmu sosial tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas tiga SDN Jatimulyo pada Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Keywords

quantum teaching, multimedia, hasil belajar ilmu sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.