Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Kegiatan Ekonomi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran Tahun Ajaran 2017/2018

Muna Fauziah, Muhamad Chamdani, Joharman Joharman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran berjumlah 21 siswa. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase ketuntasan proses belajar IPS pada siklus I sebesar 66,58%, siklus II 77,97%, dan siklus III 90,48%. Lalu, ketuntasan hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 69,21%, siklus II 77,97%, dan siklus III 85,71%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran tahun ajaran 2017/2018

Keywords

Pendekatan saintifik, Media Video, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.