PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I, II, dan III yaitu 86,36%, 90,23%, dan 95,46%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.