KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN MODEL SOMATIC AUDIO VISUAL & INTELEGENCY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-KECAMATAN KUTOWINANGUN TAHUN AJARAN 2018/2019

KURNIA WARDANI PUTRI, KARTIKA CHRYSTI SURYANDARI, JOHARMAN JOHARMAN

Abstract

Pendidikan pada abad-21 diperlukan pembelajaran yang inovatif, salah satunya dalam bentuk model pembelajaran Quantum Teaching dan Somatic Audio Visual and Intelegency (SAVI). Tujuan penelitian ini menganalisis efektifitas model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran Somatic Audio Visual and Intelegency (SAVI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Kecamatan Kutowinangun tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai effect size kelas Quantum Teaching dan SAVI pada penelitian ini masing-masing 0,533 dan 0,396 yang merupakan nilai effect size sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan model SAVI dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Kecamatan Kutowinangun tahun ajaran 2018/2019. Model pembelajaran Quantum Teaching lebih sesuai untuk pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan alam sekitar dibandingkan model pemelajaran SAVI.

Keywords

Quantum Teaching; Somatic Audio Visual and Intelegency (SAVI); hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.