Mengungkap Realitas Pengembangan Profesional Guru di Kota Makassar: Studi Multikasus pada Tiga Sekolah Dasar

Noer Intan Novitasari, Ahmad Syawaluddin, Sayidiman Sayidiman, Ahmad Ardillah Rahman

Abstract

Pengembangan Profesional Guru (TPD) dianggap sebagai cara yang sangat krusial mencapai kualitas pendidikan dasar di Indonesia. Meskipun demikian, implementasi pengembangan diri seringkali kontras dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru di tiga sekolah dasar yang berbeda di Makassar memaknai dan terlibat dalam pengembangan diri sebagai bagian yang melekat dari proses pertumbuhan profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi multi-kasus, dimana 6 guru dari 3 sekolah dasar dalam konteks yang berbeda diamati dan diwawancarai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan di ketiga sekolah menunjukkan bahwa para guru menganggap TPD sebagai hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Namun, fokus dan urgensi TPD juga sangat dipengaruhi oleh situasi masing-masing sekolah. Meskipun dukungan untuk TPD sudah ada dalam bentuk kebijakan sekolah, tempat belajar, dan akses ke pelatihan, tetapi setiap sekolah memberikan dukungan yang berbeda-beda dalam hal konsistensi dan kualitasnya. Dengan membandingkan informasi dari tiga konteks sekolah yang berbeda, penelitian ini menekankan perlunya pengembangan program TPD yang selaras dengan kebutuhan aktual guru, mendorong kolaborasi antar-guru, dan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan reflektif bagi guru.

Keywords

Teachers sustainable professional development (SPD), Informal learning of primary school teachers, teachers self-development, teachers professional development (TPD)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.