Analisis Kemampuan Literasi Ekologi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Outdoor Learning Di Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti

Amanda Sabrina Zahra Putri, A. Syachruroji, Laksmi Evasufi Widi Fajari

Abstract

Kerusakan lingkungan, seperti pembakaran hutan liar yang mengancam kepunahan spesies, masih sering terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Upaya pencegahan dapat dilakukan melalui pendidikan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam. Di sekolah, hal ini bisa diterapkan lewat pembelajaran berbasis aktivitas luar ruang (outdoor learning) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan outdoor learning di sekolah dasar sebagai upaya untuk mengetahui tingkat literasi ekologi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa outdoor learning tepat diterapkan di sekolah dasar karena mendukung pembentukan literasi ekologi sejak dini. Melalui pembelajaran langsung di alam, seperti berkebun atau daur ulang, siswa belajar memahami lingkungan, menumbuhkan kepedulian, tanggung jawab, serta keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh gambaran yang mendalam mengenai kegiatan outdoor learning di Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti. Kegiatan outdoor learning dinilai sangat cocok diterapkan di sekolah karena dapat meningkatkan kesadaran lingkungan peserta didik sejak dini.

Keywords

Ekoliterasi, outdoor learning, sekolah alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.