Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar

Fatkhul Ibnu Prayoga, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS tentang keberagaman budaya pada siswa kelas IV; (2) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS tentang keberagaman budaya pada siswa kelas IV; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS tentang keberagaman budaya pada siswa kelas IV.  Hasil rata-rata tes berpikir kritis siklus I tergolong rendah (72,5%). Siklus II tergolong baik (81,25%), dan siklus III tergolong baik (86,5%). Sedangkan persentase rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 43% dengan rata-rata kelas 70,43, persentase siklus I pertemuan 2 sebesar 61% dengan rata-rata kelas 75, persentase siklus II pertemuan 1 sebesar 74% dengan rata-rata 82,39, persentase siklus II pertemuan 2 sebesar 87% dengan rata-rata 87,82, persentase siklus III sebesar 91% dengan rata-rata sebesar 90,86. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS tentang keberagaman budaya pada siswa kelas IV.

Keywords

Problem Based Learning, berpikir kritis, hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.