Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Quizlet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif “Materi Imbuhan Me-” Kelas V SDN Maron Kidul 1

Galu Kusuma Dewi Ramadani, Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Ani Anjarwati

Abstract

Pemilihan model dan media pembelajaran yang kurang tepat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan hasil belajar kognitif  “Materi Imbuhan Me-” kelas V SDN Maron Kidul 1 dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis Quizlet. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini mengadopsi model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari nilai rata-rata 75,47 pada siklus I menjadi 88,80 pada siklus II. Ketuntasan persentase hasil belajar siswa meningkat dari 85,71% pada siklus I menjadi 95,23% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dan membuat hasil belajar kognitif siswa juga meningkat. Kesimpulannya adalah melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Quizlet dapat meningkatkan hasil belajar kognitif “materi Imbuhan Me-” kelas V SDN Maron Kidul 1.

Keywords

Teams Games Tournament (TGT), Quizlet, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.