Pengaruh E-Modul Berbasis Flipbook Web pada Materi Daur Hidup Hewan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SDN Pohsangit Kidul 1

Citra Wahyu Tri Utami, Didit Yulian Kasdriyanto, Ryzca Siti Qomariyah

Abstract

Latar belakang pembelajaran IPAS di SD masih menggunakan modul berbasis cetak sebagai penerapannya, sehingga kurang adanya inovasi terbaru yang bisa digunakan untuk membuat aktif siswanya. Tujuan peneliti untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Pohsangit Kidul 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest yang dilaksanakan di kelas IV dengan materi daur hidup hewan. Penelitian ini dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji normalitas diperoleh nilai Asymptotic Significance pada nilai pretest sebesar 0.095 dan pada nilai posttest 0.153. Taraf signifikansi untuk data pretest dan posttest lebih dari 0,05 maka H0 di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis flipbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi daur hidup hewan kelas IV di SDN Pohsangit Kidul 1. Oleh karena itu, guru dan pendidik dapat menggunakan E-Modul ini sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV.

Keywords

E-Modul berbasis Flipbook, Materi Daur Hidup, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.