Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika kelas III SDN Pohsangit Kidul 1

Siti Romla, Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Shofia Hattarina

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu guru lebih menggunakan metode ceramah dan tidak ada model pembelajaran yang menarik perhatian siswa yang menimbulkan kebosanan dan mengakibatkan siswa kurang memahami mata pelajaran, terutama pada pelajaran matematika. Tujuan peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Pohsangit Kidul 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest Design yang dilaksanakan di kelas III dengan materi bilangan cacah. Hasil dari analisis statistik deskriptif menggunakan uji T Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, H0 di tolak dan H1 diterima. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT (teams games tournament) memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Pohsangit Kidul tahun ajaran 2024/2025.

Keywords

Model pembelajaran, Model TGT, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.