Penerapan Model Think Pair Share berbasis Permainan Kartu Detektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Pengukuran Panjang Benda Kelas 1 Sekolah Dasar

Bela Fina Apriliya, Ika Ari Pratiwi, Dewi Sofiyati, Kusminah Kusminah

Abstract

Matematika sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa sekolah dasar tercermin dari rendahnya hasil belajar kognitif pada materi pengukuran panjang benda di kelas 1 SD 3 Barongan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kognitif matematika melalui penerapan model Think Pair Share (TPS) berbasis permainan kartu detektif. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, implementasi, observasi, dan evaluasi, penelitian menetapkan indikator ketuntasan klasikal >80%. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari 64% peserta didik yang tuntas pada siklus 1 dan menjadi 100% pada siklus 2. Implementasi model TPS berbasis permainan kartu detektif terbukti memberikan dampak positif pada hasil belajar kognitif, keterlibatan aktif, dan kerjasama antar siswa. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya perubahan paradigma pembelajaran matematika menjadi lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan.

Keywords

Think Pair Share; Kartu Detektif; Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.