Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV
Abstract
Tujuan penelitian yaitu: mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan multimedia, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan hasil belajar IPAS, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru dan siswa kelas IV. Data berupa kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas berupa triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model Discovery Learning dengan multimedia terdiri dari 6 langkah, yaitu: stimulasi, identifikasi masalah berdasarkan stimulasi dengan multimedia, pengumpulan data, pengolahan data melalui LKPD, pembuktian dengan kegiatan presentasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi keterampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 82,71%, 89,28% pada siklus II, dan 94,78% pada siklus III, posttest keterampilan berpikir kritis pada siklus I memiliki persentase sebesar 80,41%, siklus II sebesar 83,33%, dan 86,7% pada siklus III. Hasil belajar IPAS meningkat dengan persentase 78,75% pada siklus pertama, 84,35 pada siklus kedua, dan 87,1% pada siklus ketiga. Kendala yang dihadapi yaitu kelas tidak kondusif sehingga siswa kurang responsif. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.

