Tren dan Tantangan Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Analisis Artikel pada Jurnal Terakreditasi Nasional

Rifat Shafwatul Anam, Surya Gumilar, Irna Nurul Ainie, Fachry Ali Wibowo

Abstract

Penelitian ini mengkaji tren dan tantangan dalam penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam pendidikan di Indonesia, berdasarkan artikel yang diterbitkan di lima jurnal terakreditasi Sinta 1 dari tahun 2020 - April  2025. Dengan protokol PRISMA, ditemukan 43 artikel, dan 26 dianalisis lebih lanjut. Kriteria inklusi mencakup artikel yang membahas AI dalam pendidikan di Indonesia/Luar Negeri dan tersedia dalam teks lengkap, baik empiris maupun konseptual. Artikel yang tidak relevan atau tidak tersedia secara penuh dikecualikan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan publikasi pada 2024–2025, dengan IJERE sebagai jurnal paling aktif. Penelitian didominasi metode kuantitatif dan fokus pada pendidikan tinggi. Studi ini menyoroti perlunya eksplorasi lebih lanjut pada pendidikan dasar dan menengah serta peran guru dan masyarakat. Rekomendasi mencakup pengembangan aplikasi praktis AI, inovasi teknologi, serta kajian dampak sosial dan etis AI dalam pendidikan.

Keywords

Kecerdasan Buatan, Pendidikan, Tren Peneliitian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.