Penerapan Model TGT Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik

Ghina Muthmainnah, Achmad Basari Eko Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model TGT berbantuan media gambar, meningkatkan keterampilan membaca permulaan, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian penerapan model TGT berbantuan media gambar yang diterapkan dengan lima langkah yaitu: (1) penyajian kelas berbantuan media gambar, (2) pengorganisasian, (3) permainan berbantuan media gambar, (4) pertandingan berbantuan media gambar, dan (5) pemberian penghargaan. Peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik dengan menerapkan model TGT berbantuan media gambar yaitu ketuntasan pada siklus I=76%, siklus II= 88%, dan siklus III=94%. Kendala yang dominan dalam penelitian ini adalah adanya peserta didik yang kurang sportif dalam pelaksanaan pembelajaran. Solusinya adalah pemberian bimbingan serta penguatan pada peserta didik agar dapat terlatih untuk bertanggung jawab dan menghargai usaha selain hasil. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 2A SDN 2 Kalijoyo tahun ajaran 2024/2025.

Keywords

TGT, Media Gambar, Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.