Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan Pelajaran IPAS Siswa Kelas III

Annisa Rahmawati, Achmad Basari Eko Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model discovery learning berbantuan multimedia, meningkatkan keterampilan berpikir kritis muatan pelajaran IPAS, mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa kelas III. Data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah stimulasi, identifikasi masalah,  pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan, berbantuan multimedia. Penerapan discovery learning berbantuan multimedia berjalan baik, dibuktikan dengan hasil observasi terhadap guru dan siswa pada siklus I hingga III. Hasil observasi terhadap guru siklus I=80.27% II=85.27% III=90.00%, sementara terhadap siswa yaitu I=75.55%, II=81.66%, III=87.77%. Keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dari rata-rata hasil tes tertulis pada siklus I=68.15, II=74.84, III=79.23. Persentase siswa tuntas memenuhi KKTP pada siklus III sebesar 88.46%. Kendala yang dialami diantaranya terdapat siswa yang pasif saat diskusi, solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu guru membimbing siswa untuk melakukan pembagian peran saat diskusi. 

Keywords

Discovery Learning, Critical Thinking Skills, IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.