Penerapan Quantum Learning dengan AR untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Abstract
Tujuan pada penelitian ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Quantum Learning dengan media Augmented Reality (AR), dan mendeskripsikan kendala serta solusi selama penerapan Model Quantum Learning dengan media AR dalam proses pembelajaran. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penerapan Model Quantum Learning dengan Media Augmented Reality terdapat enam langkah yakni (a) Tumbuhkan (b) Alami, (c) Namai, (d) Demonstrasi, (e) Ulangi, dan (f) Rayakan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada keterampilan berpikir kritis, pada siklus I masih dalam kategori rendah, siklus II dengan kategori cukup, dan siklus III dengan kategori baik. Hasil belajar juga terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I sampai siklus III. Kendala pada penerapan Model Quantum Learning dengan Media Augmented Reality dapat diatasi dengan solusi guru diharapkan memberikan motivasi dan ice breaking untuk menyemangatkan siswa, dan guru diharapkan mengarahkan siswa untuk membagi tugas dengan adil pada setiap anggota kelompok. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan Model Quantum Learning dengan Media Augmented Reality dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.

