Inovasi Pembelajaran: Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Siswa SD

Arifia Nurhani Septyaningrum, Achmad Basari Eko Wahyudi

Abstract

Hasil belajar ranah afektif siswa sangat penting dalam pembentukan karakter dan perilaku positif dalam pembelajaran. Model Numbered Head Together (NHT) menekankan partisipasi siswa, tanggung jawab, dan pembelajaran kolaboratif. Sementara multimedia menjadi media yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model NHT berbantuan multimedia serta meningkatkan hasil belajar afektif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, penelitian ini melibatkan 23 siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Langkah-langkah penerapan model NHT berbantuan multimedia meliputi: (1) penyampaian materi berbantuan multimedia, (2) pembentukan kelompok berbantuan multimedia dan pemberian nomor kepala, (3) pemberian tugas, (4) diskusi kelompok (head together), (5) pemanggilan nomor kepala secara acak berbantuan multimedia, dan (6) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada guru dan siswa di setiap siklus, dengan skor penerapan guru meningkat dari 79,98% (siklus I), menjadi 86,46% (siklus II), dan meningkat menjadi 92,82% (siklus III) dan keterlibatan siswa meningkat dari 78,70% (siklus I), 84,61% (siklus II), dan meningkat menjadi 91,44% (siklus III). Hasil belajar afektif siswa juga meningkat, dengan persentase rata-rata 79,18% pada siklus I, 85,42% pada siklus II, dan 90,46% pada siklus III. Penelitian ini menunjukkan bahwa model NHT berbantuan multimedia efektif meningkatkan kerja sama, tanggung jawab, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.