Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPAS melalui Model Project Based Learning (PjBL) dengan Multimedia pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangsari Tahun Ajaran 2024/2025

Dinda Rizky Ikebayu, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan multimedia, (2) meningkatkan keterampilan proses sains, (3) meningkatkan hasil belajar IPAS, dan (4) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V. Data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model PjBL dengan multimedia melalui langkah: (a) menentukan pertanyaan mendasar berdasarkan multimedia, (b) merencanakan proyek berdasarkan multimedia, (c) menyusun jadwal pembuatan proyek, (d) memonitor siswa saat pembuatan proyek, (e) menguji hasil proyek yang telah dibuat, dan (f) mengevaluasi proyek, (2) meningkatnya keterampilan proses sains yakni siklus I = 74,66%, siklus II = 83,19%, dan siklus III = 90,01%, (3) meningkatnya hasil belajar IPAS dengan ketuntasan siklus I=78,94%, siklus II=89,47%, dan siklus III=96,74%, dan (4) kendala yang ditemukan antara lain siswa kesulitan membagi waktu dan belum terbiasa menyampaikan hasil proyek. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model PjBL dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri 2 Karangsari Tahun Ajaran 2024/2025. 

Keywords

project based learning, multimedia, keterampilan proses sains, hasil belajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.