Implementasi Model Scientific Group Inquiry Learning (SGIL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model scientific group inquiry learning (SGIL) dengan media konkret, (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritisĀ (3) meningkatkan hasil belajar, serta (4) mendeskripsikan kendala solusi. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan 17 siswa kelas IV SDN 6 Panjer. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif.. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan langkah implementasi model SGIL dengan media konkret, yaitu: (a) orientasi stimulus, (b) prosedur pembelajaran dan pengenalan media, (c) pelaksanaan dengan media, (d) eksplorasi dengan media, (e) analisis hasil, dan (f) komunikasi hasil, peningkatan ketuntasan keterampilan berpikir kritis siswa yang didasari atas hasil penilaian observasi, tes tertulis, dan produk pada siklus I= 64,71%, siklus II= 76,47%, siklus III= 88,24%, peningkatan ketuntasan hasil belajar IPAS berdasarkan penilaian soal evaluasi pada siklus I= 82,35%, siklus II= 88,24%, siklus III= 94,12%. Hambatannya antara lain suasana kelas kurang kondusif dengan solusi guru memberikan ice breaking. Kesimpulan dari penelitian menyatakan model SGIL dengan media konkret dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.