Penerapan Model Game Based Learning (GBL) dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Primavera Faustin Thenaya, Dewi Indrapangastuti Indrapangastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model GBL dengan media Wordwall, meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan kendala beserta solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berkolaborasi dengan subjek guru dan siswa kelas IV SD N 7 Kebumen. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model GBL dengan media Wordwall menunjukkan peningkatan, motivasi helajat dengan persentase siklus 174,13%, siklus = 84,32%, dan siklus III = 92,59%, peningkatan hasil belajar dengan rata-rata persentase siklus 1 = 70.00%, siklus II 83,33%, dan siklus III 100% Kendala yang dihadapi adalah beberapa siswa tidak menerima hasil permainan, yang diatasi dengan memberikan pemahaman tentang langgungjawab atas hasil yang diperoleh. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model GBL dengan media Wordwall dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV sekolah dasar

Keywords

game based learning; wordwall; motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.