Action Learning: Model Quantum Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SD

Nava Widya Rimadani, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPAS melalui Model Quantum Learning untuk menumbuhkan keterampilan kolaborasi siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Panjer, Kebumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing terdiri dari empat langkah yaitu siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. teknis analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Quantum Learning dengan langkah TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan) dapat menumbuhkan keterampilan kolaborasi siswa kelas V SD Negeri 5 Panjer. Hasil observasi implementasi model quantum learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada siklus I sebesar 72,52%, siklus II sebesar 84,52%, dan siklus III sebesar 87,75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat menumbuhkan keterampilan kolaborasi siswa kelas V Sekolah Dasar.

Keywords

Kolaborasi, Quantum, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.