Implementasi Model Contextual Teaching and Learning dengan Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas III Sekolah Dasar

Mentari Ayuningtyas, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah, (2) peningkatan hasil belajar IPAS, dan (3) kendala solusi terhadap penerapan model CTL dengan media konkret. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III SDN 1 Kutosari. Teknik triangulasi penelitian ini adalah triangulasi sumber yang meliputi guru, siswa kelas III SDN 1 Kutosari, dan dokumen, serta triangulasi teknik berupa observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) langkah-langkah penerapan model CTL dengan media konkret yaitu: (a) membangun pemikiran siswa melalui media konkret, (b) inkuiri melalui media konkret, (c) tanya jawab, (d) sistem belajar kelompok, (e) pemodelan, (f) refleksi pada akhir pembelajaran, (g) penilaian nyata. (2) penerapan model CTL dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III SDN 1 Kutosari pada ranah kognitif yaitu siklus I = 79,19%, siklus II = 87,56%, dan siklus III = 91,65%. Ranah afektif yaitu siklus I = 75,00%, siklus II = 83,33%, dan siklus III = 88,89%. Ranah psikomotor yaitu siklus I = 73,61%, siklus II = 83,33%, siklus III = 97,16. (3) kendala dalam pembelajaran siswa sulit dikondisikan, namun setiap siklus menunjukkan peningkatan.

Keywords

Contextual teaching and learning (CTL), media konkret, hasil belajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.